Si Kaya dan Si Miskin, T.S. Arthur

Judul asli, The Rich and the Poor karangan T.S. Arthur

Musim panas dan pengap telah berlalu, dan musim gugur sedang menepi di bulan-bulan yang lebih dingin, dengan malam panjang nan sepi. Adakalanya hari lebih dingin dibanding biasanya yang membuat perapian di dalam garangan yang perlu dan menarik] semakin dekat kebahagiaan keluarga Tuan Barton di waktu sore mereka. Kebahagiaan bagi semuanya, begitu merasakan kehangatan perapian lagi, dan untuk melihat cahaya yang mencerminkan muka penuh kasih.

“Alangkah baiknya kehangatan api ini!” kata James, mengangkat tangannya yang kecil untuk menerima panas, dan tersenyum seperti ia melihat di atas nya.

“Aku berpikir betapapun aku mencintai musim dingin yang terbaik,” kata William. “Menjadi sangat menyenangkan duduk di sekeliling perapian, dan merasakan kehangatan diatas tangan dan muka kita. Rumah terasa lebih dari sekedar rumah. Tidakkah kamu berpikir demikian, ayah?”

“Perubahan musim selalu menyenangkan,” jawab Tuan Barton. “Tidak pernahkah kamu mencatat hal itu, putra ku?”

“Oh ya! Aku selalu katakan, ketika musim semi datang, ‘Aku gembira bahwa ini musim semi.’ Dan di musim panas, ketika bunga dan buah menjadi sangat banyak, aku katakan, ‘Aku gembira ini musim panas.’ Dan kemudian aku gembira lagi ketika jendela dan pintu dapat tertutup, dan kita semua bisa berkumpul di perapian sebagaimana kita lakukan sekarang di musim gugur. Pada waktu musim dingin, ketika salju mulai jatuh, aku merasakan bahwa menyenangkan untuk melihat lapisan cahaya berubah-ubah arah secara gembira di udara.”

“Tetapi kemudian aku selalu berpikir,” kata Mary, Mary yang lembut, yang penuh kasih sayang,” tentang anak-anak miskin yang tidak punya pakaian hangat, maupun perapian yang baik, sebagaimana kita punya. Aku ingin, kadang-kadang, bahwa itu selalu hangat, demi mereka.”

“Tetapi sayangku, Tuhan mengetahui apa yang terbaik,” kata Tuan Barton, memandang ke arah muka Mary yang bersimpati. “Alkitab berkata Ia adalah yang baik bagi semua, bahkan kepada yang tidak berterimakasih.”

“Aku mengetahuinya; dan itu juga katakan, bahwa Ia mengasihi kita sebagaimana seorang bapak mengasihi anak-anaknya. Tetapi, aku tidak bisa membantu berpikir, kadang-kadang, bahwa ada banyak yang menderita di dunia.”

“Demikian adanya, Mary, banyak penderitaan yang seram, di mana kita kadang-kadang menemukan alasan yang sangat susah untuk dipahami. Tetapi satu hal yang kita tahu, dan ini adalah, bahwa semua dari manusia, dan bukan dari Tuhan; dan Tuhan itu mengijinkan untuk tujuan yang baik bukan untuk menghukum orang-orang; karena Tuhan tidak pernah menghukum seseorang hanya untuk kepentingan hukuman, tetapi hukuman penderitaan dan dosa untuk menyelamatkan reformasi. Kamu ingat apa yang aku bacakan untuk kamu tentang Kuasa Tuhan pada hari Minggu sore yang lalu?”

“Ya, tuan.”

“Apa yang telah aku katakan tentang Kuasa Tuhan memandang apa?”

“Akhir abadi,” jawab Mary.

“Apakah kamu ingat apa yang kemudian aku beritahukan kepada kamu yang dimaksud akhir abadi?”

“Apapun juga mempunyai acuan ke keselamatan manusia di surga.”

“Ya, itulah apa yang aku katakan. Banyak sekali orang-orang percaya bahwa Kuasa Tuhan, adalah yang di atas kita semua, bahkan kepada hal-hal yang paling kecil, mempunyai acuan kepada perlakuan kita di dunia dengan baik. Aku ingat ketika seorang anak laki-laki, mendengar seorang doa manusia, secara teratur, di dalam keluarganya, tiap hari, dan selalu bagian dari doanya adalah, bahwa Tuhan akan menambah keranjangnya dan gudang tokonya.”

“Apa yang ia maksudkan dengan itu?” tanya James, yang sedang mendengarkan ayahnya penuh perhatian, dan berusaha untuk memahami semua yang ayahnya katakan.

“Mengapa, bahwa Tuhan akan menjadikannya kaya.”

“Apakah Tuhan menjadikannya kaya?” tanya Mary.

“Tidak, putriku, Tuhan mengetahui bahwa untuk membuat dia kaya akan menjadikan hal buruk untuk dia, karena itu bisa berarti pembinasaan jiwa nya.”

“Kemudian yang terbaik untuk beberapa menjadi kaya dan beberapa menjadi miskin?” kata William.

“Niscaya adalah, atau semua akan kaya dalam keduniawian, dan mempunyai tiap-tiap kemewahan dan kenyamanan bahwa bumi bisa mampu menghasilkannya. Karena kebaikan Tuhan akan mencari untuk memberkati semuanya di dalam hal-hal baik untuk badan seperti halnya sesuatu yang baik untuk pikiran, jika berkat yang terdahulu bisa diberikan tanpa kerugian kepada yang belakangan. Tetapi kapanpun mereka tidak bisa, mereka selalu tertahan.”

“Tetapi semua orang-orang kaya bukanlah orang-orang baik,” sambung William.” Aku berpikir mereka adalah, biasanya, lebih tidak berperasaan dan egois dibanding orang-orang miskin. Aku sudah sering mendengar demikian ia berkata; dan bahwa ada sangat kecil kesempatan dari orang-orang kaya masuk surga.”

“Aku mengetahui ini, tetapi ini merupakan kesalahan besar. Orang-Orang miskin adalah, sebagaimana pada umumnya, sama halnya egois dan tidak berperasaan seperti orang-orang kaya, dan tidak berkesempatan berdiri di surga yang lebih baik. Sepanjang kekayaan atau kemiskinan terkait satu sama lain, ada suatu penolakan Tuhan mengenai masing-masing, dan ini, seperti aku katakan sebelumnya, menantikan keselamatan jiwa di dalam surga.”

“Kemudian itu bukan sebab seorang menjadi lebih baik dibanding yang lain, bahwa ia diijinkan untuk menjadi kaya, atau meninggalkan banyak uang kepadanya?”

“Tidak dengan apa saja, William,” jawab ayahnya. “Tidak ada status manusia dapat dihakimi oleh kondisi eksternalnya: untuk kondisi yang eksternal itu baik untuk satu orang, mungkin sangat jelek untuk yang lain. Tiap penderitaan di dalam pikiran, seperti anda menerobos hidup, dan belajar, bukan masalah di dalam apa yang kondisi eksternal Tuhan tempatkan kamu, ada untuk menjadi isi.”

Leave a comment